Azaneum

Jadwal Sholat di Mecca

Untuk hari ini April
Sholat Selanjutnya Dzuhur —
KEMENAG Jakarta Pusat, Hanafi

Kami menyediakan informasi waktu shalat untuk Mecca, Arab Saudi SA dan sepanjang bulan . Tabel berikut menunjukkan waktu mulai yang tepat untuk masing-masing dari setiap sholat wajib lima waktu. Secara default, ia dihitung berdasarkan metode KEMENAG Jakarta Pusat, serta periode salat Asar ditentukan menurut Mazhab Syafi'i. Metode perhitungan dapat diubah dalam .

Tentang Namaz dan Waktu Sholat di Mecca

Namaz, juga dikenal sebagai Shalat, adalah istilah Islam untuk sholat. Ini adalah pilar penting Islam dan sangat penting dalam kehidupan umat Islam di seluruh dunia. Umat Islam percaya bahwa salat adalah sarana untuk berhubungan dengan Allah (Tuhan) dan mencari bimbingan, pengampunan, dan berkatnya.

Mekah, yang terletak di Arab Saudi, adalah kota tersuci dalam Islam. Ini adalah tempat kelahiran Nabi Muhammad dan rumah bagi Ka’bah, yang merupakan arah yang dihadapi umat Islam selama sholat mereka. Umat Islam menghadap ke arah Ka’bah, yang dikenal sebagai kiblat, di mana pun mereka berada di dunia.

Waktu sholat di Mekah, serta di kota-kota lain, ditentukan oleh posisi matahari dan waktu spesifik yang disebutkan dalam teks-teks Islam. Ada lima shalat wajib dalam Islam, yang dilakukan pada waktu yang berbeda sepanjang hari:

1. Subuh: Sholat ini dilakukan sebelum matahari terbit, biasanya saat fajar pertama terlihat. Ini adalah doa pertama hari itu.

2. Dzuhur: Doa ini dipanjatkan setelah matahari melewati puncaknya, biasanya pada sore hari.

3. Ashar: Shalat ashar dilakukan pada sore hari, setelah matahari mulai terbenam.

4. Maghrib: Sholat maghrib dilakukan tepat setelah matahari terbenam, setelah cahaya benar-benar menghilang dari langit.

5. Isha: Doa isha dipanjatkan setelah senja, saat kegelapan malam telah reda sepenuhnya.

Umat Islam didorong untuk melaksanakan salat lima waktu ini tepat waktu, karena diyakini dapat memperkuat hubungan mereka dengan Allah dan mewujudkan pemenuhan spiritual. Selain itu, ada sholat pilihan, yang dikenal sebagai sholat Sunnah dan Nafl, yang dapat dilakukan juga.

Mekah memiliki tempat khusus di hati umat Islam, karena merupakan tujuan ziarah tahunan yang dikenal sebagai Haji. Jutaan Muslim dari seluruh dunia mengunjungi Mekah untuk menunaikan ibadah Haji dan melakukan berbagai ritual, termasuk sholat, mengelilingi Ka’bah, dan berdiri di dataran Arafat.

Kesimpulannya, Shalat memainkan peran penting dalam kehidupan umat Islam, membantu mereka mempertahankan hubungan yang kuat dengan Allah. Muslim di Mekah, serta di seluruh dunia, mengikuti waktu sholat tertentu untuk memenuhi kewajiban agama mereka. Mekah memiliki arti penting yang sangat besar sebagai kota suci, tidak hanya karena kepentingan sejarah dan religiusnya, tetapi juga sebagai tujuan ziarah Haji.

Tempat berdoa di Mecca

Mekah, kota tersuci dalam Islam, adalah rumah bagi banyak masjid yang memiliki makna religius dan sejarah yang mendalam. Sebagai tempat kelahiran Nabi Muhammad dan lokasi Ka’bah, Mekah menarik jutaan peziarah dari seluruh dunia setiap tahun. Para jamaah ini tidak hanya datang untuk menunaikan ibadah Haji atau Umroh tetapi juga untuk mengunjungi dan sholat di berbagai masjid yang ada di dalam kota. Pada artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa masjid terkenal di Mekah.

1. Masjid al-Haram:

Masjid al-Haram, juga dikenal sebagai Masjidil Haram, adalah masjid terpenting di Mekah. Itu mengelilingi Ka’bah, struktur berbentuk kubus yang dihadapi semua Muslim selama sholat. Masjid ini dapat menampung lebih dari dua juta jamaah, menjadikannya salah satu masjid terbesar di dunia. Menara ikoniknya dan Batu Hitamnya adalah simbol Islam yang terkenal. Masjid al-Haram mengalami perluasan yang luas selama bertahun-tahun untuk mengakomodasi jumlah peziarah yang terus bertambah.

2. Al-Masjid an-Nabawi:

Terletak di kota Madinah, sekitar 420 kilometer di utara Mekah, Al-Masjid an-Nabawi adalah masjid tersuci kedua dalam Islam. Ini memiliki makna yang sangat besar karena menampung makam Nabi Muhammad. Masjid asli didirikan oleh Nabi sendiri, dan sejak itu telah mengalami banyak perluasan. Kubah Hijau yang terletak di atas makam Nabi merupakan ciri khas masjid ini.

3. Masjid al-Jinn:

Masjid al-Jin, juga dikenal sebagai Masjid Jin, terletak di dekat Masjidil Haram di Mekkah. Dipercaya bahwa masjid ini menandai tempat Nabi Muhammad bertemu dengan sekelompok jin (makhluk gaib). Masjid ini terkenal dengan arsitekturnya yang unik dan menarik banyak pengunjung yang mencari pengalaman spiritual dan berkah.

4. Masjid al-Taneem:

Masjid al-Taneem terletak sekitar tujuh kilometer di selatan Masjidil Haram. Ini adalah miqat yang ditunjuk (tempat di mana peziarah yang memasuki Mekah untuk Umrah atau Haji harus memasuki ihram) bagi penduduk Mekah. Banyak peziarah memilih untuk masuk ke dalam keadaan ihram, keadaan suci kesucian, di sini sebelum melanjutkan ke Masjidil Haram. Masjid itu sendiri dikenal dengan suasananya yang tenang dan damai, menyediakan tempat yang sempurna untuk refleksi dan sholat.

5. Masjid al-Hudaibiya:

Terletak di kota Hudaybiyya, sekitar 20 kilometer dari Mekah, Masjid al-Hudaibiya memiliki makna sejarah. Di sinilah Perjanjian Hudaibiyah ditandatangani antara Nabi Muhammad dan suku Quraisy, yang memungkinkan umat Islam untuk menunaikan ibadah Haji pada tahun berikutnya. Masjid ini telah dibangun kembali beberapa kali selama berabad-abad tetapi tetap menjadi situs penting bagi para peziarah dan sejarawan.

Ini hanya beberapa dari sekian banyak masjid di Mekah. Kota ini membanggakan warisan Islam yang kaya, dan masjidnya berfungsi sebagai tempat ibadah, peremajaan spiritual, dan hubungan yang mendalam dengan keyakinan. Sebagai pusat dunia Islam, masjid-masjid di Mekah memiliki tempat khusus di hati umat Islam di seluruh dunia, menarik jutaan peziarah setiap tahun untuk merasakan rasa pengabdian dan persatuan yang mendalam di dalam ruang-ruang suci ini.

Jadwal Sholat Mecca

Jadwal Sholat Bulanan di Mecca

Tanggal Subuh Shuruq Dzuhur Ashar Magrib Isya

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Salat

Jam berapa sholat subuh tiba di Mecca hari ini?

Waktu sholat Subuh (sholat subuh) di Mecca dilakukan hari ini dari jam 04:38 sampai jam 06:03

Kapan saya bisa sholat Dhuhur di Mecca hari ini?

Waktu sholat Dhuhr (sholat tengah hari) di Mecca dimulai dari jam 12:21 dan berakhir pada jam 16:51

Jam berapa waktu salat Ashar hari ini di Mecca?

Waktu ashar dimulai pukul 16:51 dan keluar pukul 18:40 o'clock

Kapan Adzan memanggil waktu Maghrib di Mecca hari ini?

Jadwal sholat Maghrib di Mecca hari ini: 18:40 - 19:56

Jam berapa untuk shalat Isya hari ini di Mecca?

Adzan adzan Isya akan dilakukan pada pukul 19:56 hari ini
Ar Rass Abha Sabt Alalayah Jeddah Ta’If Jizan Abū ‘Arīsh Sulţānah Najrān An Nimāş Sawākin Badr Ḩunayn Medina Şabyā Rābigh Al-`Ula Ad Dawādimī Ash Shafā Al Bahah Afif Umluj Al Jumūm Şāmitah Qal‘At Bīshah Port Sudan Yanbu Khamis Mushait Adh Dhibiyah Turabah Tokār
Situs web ini menggunakan cookie.