Azaneum

Jadwal Sholat di Medina

Untuk hari ini April
Sholat Selanjutnya Dzuhur —
KEMENAG Jakarta Pusat, Hanafi

Kami menyediakan informasi waktu shalat untuk Medina, Arab Saudi SA dan sepanjang bulan . Tabel berikut menunjukkan waktu mulai yang tepat untuk masing-masing dari setiap sholat wajib lima waktu. Secara default, ia dihitung berdasarkan metode KEMENAG Jakarta Pusat, serta periode salat Asar ditentukan menurut Mazhab Syafi'i. Metode perhitungan dapat diubah dalam .

Tentang Namaz dan Waktu Sholat di Medina

Namaz, juga dikenal sebagai Shalat, adalah tindakan ibadah mendasar bagi umat Islam di seluruh dunia. Ini adalah cara bagi umat Islam untuk menjalin hubungan langsung dengan Allah (Tuhan) melalui doa. Madinah, yang terletak di Arab Saudi, memiliki makna religius yang sangat besar bagi umat Islam, karena merupakan kota tersuci kedua dalam Islam setelah Mekah.

Di Madinah, umat Islam memiliki beberapa masjid tempat mereka berkumpul untuk sholat berjamaah, dengan Masjid al-Nabawi, juga dikenal sebagai Masjid Nabawi, menjadi yang paling menonjol. Nabi Muhammad (saw) memainkan peran penting dalam membangun tradisi Shalat dan kepentingannya bagi umat Islam.

Waktu sholat di Madinah, seperti di kota Islam lainnya, ditentukan oleh posisi matahari. Umat Islam wajib sholat lima waktu dalam sehari, yang dikenal dengan Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Waktu sholat ini berbeda-beda setiap hari karena didasarkan pada pergerakan matahari.

Sholat subuh dilakukan sebelum matahari terbit, sholat dzuhur dilakukan setelah matahari melewati puncaknya, sholat ashar dilakukan pada sore hari, sholat Maghrib dilakukan tepat setelah matahari terbenam, dan sholat Isya dilakukan setelah senja menghilang.

Di Madinah, Adzan, yang dikenal sebagai Adzan, dibuat dari menara masjid untuk mengingatkan umat Islam tentang waktu sholat yang akan datang. Seruan yang merdu dan indah ini bergema di seluruh kota, mengingatkan umat Islam untuk menghentikan aktivitas sehari-hari mereka dan mengalihkan perhatian mereka ke arah doa.

Kehadiran Masjid al-Nabawi, yang dianggap sebagai masjid tersuci kedua dalam Islam, menjadikan Madinah sebagai tempat yang sangat penting bagi umat Islam. Itu dibangun oleh Nabi Muhammad (saw) dan berfungsi sebagai kediamannya dan pusat komunitas Muslim awal.

Umat Islam dari seluruh dunia mengunjungi Madinah untuk salat di Masjid Nabawi dan mencari berkah dari kesuciannya. Kota ini memiliki suasana spiritual, dengan para peziarah memenuhi jalan-jalan dan masjid, melakukan tindakan pengabdian, dan mencari penghiburan spiritual.

Kesimpulannya, Shalat atau Shalat merupakan aspek esensial dalam kehidupan sehari-hari seorang Muslim, termasuk di Madinah. Umat Islam di Madinah memiliki hak istimewa untuk sholat di Masjid Nabawi dan merasakan kekayaan sejarah dan tradisi Islam yang tertanam kuat di kota tersebut. Waktu sholat di Madinah, seperti kota Islam lainnya, berputar di sekitar posisi matahari dan merupakan bagian integral dari rutinitas ibadah seorang Muslim.

Tempat berdoa di Medina

Madinah, juga dikenal sebagai “Kota Nabi”, memiliki makna religius yang sangat besar dalam Islam. Ini adalah kota tersuci kedua setelah Mekah dan merupakan rumah bagi beberapa masjid yang memiliki kepentingan sejarah dan spiritual yang besar. Mari kita jelajahi beberapa masjid penting di Madinah.

1. Al-Masjid an-Nabawi (Masjid Nabawi)

Al-Masjid an-Nabawi adalah masjid paling ikonik dan dihormati di Madinah. Itu dibangun oleh Nabi Muhammad sendiri dan merupakan tempat peristirahatan terakhir Nabi. Masjid ini telah mengalami banyak perluasan sepanjang sejarah dan dapat menampung jutaan jamaah. Kubah Hijau, yang terletak di tengah masjid, menandai makam Nabi dan merupakan situs penting bagi para peziarah. Al-Masjid an-Nabawi tidak hanya menjadi tempat ibadah tetapi juga menjadi pusat pendidikan Islam dan pembahasan keilmuan.

2. Masjid Quba

Masjid Quba memiliki perbedaan sebagai masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad setibanya di Madinah. Itu terletak di pinggiran kota dan memiliki makna sejarah yang besar. Umat Islam percaya bahwa salat di masjid ini mendapatkan pahala dan berkah yang luar biasa. Masjid Quba telah mengalami beberapa kali renovasi dan perluasan namun tetap mempertahankan pesona asli dan esensi sejarahnya.

3. Masjid Qiblatain (Masjid Dua Kiblat)

Masjid Dua Kiblat ini dikenal dengan keunikannya – itu adalah masjid di mana arah sholat (kiblat) diubah dari Yerusalem ke Mekah pada masa Nabi Muhammad. Peristiwa ini sangat penting dalam sejarah Islam. Arsitektur masjid mencerminkan dua kiblat, dan pengunjung dapat menyaksikan dua mihrab, atau relung salat, yang menunjukkan dua arah salat. Masjid Qiblatain adalah tujuan wisata yang populer dan tempat yang memiliki makna spiritual bagi umat Islam.

4. Masjid al-Qiblatain (Masjid Dua Kiblat)

Masjid al-Qiblatain sering dikacaukan dengan Masjid Dua Kiblat, tetapi keduanya adalah dua masjid yang terpisah. Masjid al-Qiblatain memiliki makna sejarah karena berfungsi sebagai tempat di mana Nabi menerima wahyu untuk mengubah arah sholat. Masjid ini menyaksikan kejadian luar biasa di mana jemaah menghadap ke Mekah saat salat. Hari ini, Masjid al-Qiblatain berdiri sebagai pengingat akan peristiwa penting dalam sejarah Islam ini.

5. Masjid al-Ghamama (Masjid Awan)

Masjid al-Ghamama terletak di dekat Kubah Hijau dan memiliki tempat khusus di hati umat Islam. Diyakini bahwa Nabi melakukan doa khusus di sini untuk meminta campur tangan ilahi atas hujan selama musim kemarau. Saat doa selesai, awan muncul dan menghujani kota dengan hujan. Masjid ini merupakan tempat yang populer bagi para peziarah dan pengunjung, yang sering mencari berkah dan berdoa memohon hujan.

Ini hanya beberapa masjid terkenal di Madinah. Kota ini dihiasi dengan banyak masjid lain yang memiliki kepentingan religius dan nilai sejarah. Mengunjungi masjid-masjid ini memungkinkan umat Islam untuk terhubung dengan keyakinan mereka, membenamkan diri dalam sejarah Islam, dan mengalami ketenangan spiritual yang ditawarkan Madinah.

Jadwal Sholat Medina

Jadwal Sholat Bulanan di Medina

Tanggal Subuh Shuruq Dzuhur Ashar Magrib Isya

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Salat

Jam berapa sholat subuh tiba di Medina hari ini?

Waktu sholat Subuh (sholat subuh) di Medina dilakukan hari ini dari jam 04:25 sampai jam 05:54

Kapan saya bisa sholat Dhuhur di Medina hari ini?

Waktu sholat Dhuhr (sholat tengah hari) di Medina dimulai dari jam 12:20 dan berakhir pada jam 16:55

Jam berapa waktu salat Ashar hari ini di Medina?

Waktu ashar dimulai pukul 16:55 dan keluar pukul 18:46 o'clock

Kapan Adzan memanggil waktu Maghrib di Medina hari ini?

Jadwal sholat Maghrib di Medina hari ini: 18:46 - 20:06

Jam berapa untuk shalat Isya hari ini di Medina?

Adzan adzan Isya akan dilakukan pada pukul 20:06 hari ini
Ar Rass Al Bukayrīyah Sabt Alalayah Jeddah Ta’If Al Mithnab Buraydah Sulţānah Al Wajh Sakakah Az Zulfī Mecca Badr Ḩunayn Rābigh Al-`Ula Ad Dawādimī Ash Shafā Al Bahah Afif Al Quşayr Umluj Duba Al Jumūm Qal‘At Bīshah Port Sudan Yanbu Tabuk Adh Dhibiyah Ha’Il Turabah
Situs web ini menggunakan cookie.