Azaneum

Jadwal Sholat di Kuala Lumpur

Untuk hari ini Juni
Sholat Selanjutnya Dzuhur —
KEMENAG Jakarta Pusat, Hanafi

Kami menyediakan informasi waktu shalat untuk Kuala Lumpur, Malaysia MY dan sepanjang bulan . Tabel berikut menunjukkan waktu mulai yang tepat untuk masing-masing dari setiap sholat wajib lima waktu. Secara default, ia dihitung berdasarkan metode KEMENAG Jakarta Pusat, serta periode salat Asar ditentukan menurut Mazhab Syafi'i. Metode perhitungan dapat diubah dalam .

Tentang Namaz dan Waktu Sholat di Kuala Lumpur

Namaz, juga dikenal sebagai Shalat, memiliki arti penting yang signifikan dalam kehidupan umat Islam. Ini adalah bentuk ibadah yang melibatkan gerakan dan pelafalan tertentu, dilakukan lima kali sehari. Waktu sholat ini merupakan bagian integral dari rutinitas sehari-hari seorang Muslim, termasuk mereka yang tinggal di Kuala Lumpur.

Kuala Lumpur, ibu kota Malaysia yang semarak, adalah rumah bagi komunitas Muslim yang beragam. Dengan banyaknya masjid yang tersebar di seluruh kota, umat Islam memiliki akses mudah ke tempat-tempat ibadah untuk sholat harian mereka. Waktu sholat di Kuala Lumpur mengikuti jadwal yang sama dengan wilayah Malaysia lainnya, yang ditentukan oleh posisi matahari.

Shalat lima waktu dalam Islam adalah Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Waktu sholat ini dihitung berdasarkan posisi matahari relatif terhadap cakrawala. Waktu sholat berubah setiap hari, tergantung pada waktu matahari terbit dan terbenam.

Di Kuala Lumpur, Adzan (adzan) dapat didengar dari masjid-masjid, mengingatkan umat Islam akan waktu sholat yang akan datang. Umat Islam kemudian berkumpul di masjid atau melaksanakan sholat secara individu di mana pun mereka berada, menghadap Ka’bah di Mekah.

Subuh adalah shalat pertama hari itu, dilakukan sebelum matahari terbit. Ini adalah waktu yang penting bagi umat Islam untuk memulai hari mereka dengan pengabdian dan mencari berkah. Sholat dzuhur dilakukan pada sore hari, dilanjutkan dengan sholat ashar pada sore hari. Sholat maghrib dilakukan segera setelah matahari terbenam, sedangkan sholat Isya dilakukan setelah senja menghilang.

Umat Islam di Kuala Lumpur, seperti di kota-kota lain, memprioritaskan sholat mereka dan berusaha mencari lokasi yang cocok untuk melakukannya. Selain masjid, tempat kerja, pusat perbelanjaan, dan ruang publik seringkali menyediakan mushola atau area khusus untuk menampung komunitas Muslim.

Selain sholat wajib, umat Islam juga dapat melakukan sholat sukarela, yang dikenal sebagai sholat Sunnah dan Nafl, pada berbagai waktu siang dan malam. Doa-doa tambahan ini memungkinkan umat Islam untuk memperdalam hubungan mereka dengan Allah dan mencari pemenuhan spiritual.

Waktu sholat di Kuala Lumpur tidak hanya menjadi pengingat bagi umat Islam untuk memenuhi kewajiban agamanya, tetapi juga memberi mereka kesempatan untuk beristirahat dari rutinitas sehari-hari, merenung, dan mencari ketenangan dalam kehidupan kota yang sibuk.

Secara keseluruhan, Shalat dan waktu sholat memainkan peran penting dalam kehidupan umat Islam di Kuala Lumpur, memungkinkan mereka untuk mempertahankan hubungan spiritual mereka dan menemukan pelipur lara dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Tempat berdoa di Kuala Lumpur

Kuala Lumpur, ibu kota Malaysia yang semarak, adalah rumah bagi komunitas Muslim yang kaya dan beragam. Sebagai cerminan dari hal ini, kota ini memiliki banyak masjid yang memiliki kepentingan budaya dan arsitektur yang signifikan. Masjid-masjid ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah bagi penduduk Muslim setempat, tetapi juga menarik pengunjung dari seluruh dunia yang tertarik untuk merasakan warisan Islam dan suasana spiritual yang mereka tawarkan. Pada artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa masjid terkemuka di Kuala Lumpur.

1. Masjid Negara (Masjid Nasional)

Terletak di jantung kota, Masjid Negara adalah landmark ikonik Kuala Lumpur. Dibangun pada tahun 1965, masjid agung ini melambangkan kemerdekaan negara dari penjajahan. Dengan desain modernis yang dipengaruhi oleh arsitektur Islam tradisional, Masjid Nasional ini dapat menampung hingga 15.000 jamaah. Ruang sholat utamanya menawarkan menara setinggi 73 meter yang menakjubkan dan kubah biru kehijauan yang indah, menjadikannya tempat yang wajib dikunjungi para wisatawan.

2. Masjid Jamek

Terletak di pertemuan sungai Klang dan Gombak, Masjid Jamek adalah salah satu masjid tertua di Kuala Lumpur. Dibangun pada tahun 1909, masjid ini memiliki makna sejarah sebagai masjid pertama di kota ini. Gaya arsitekturnya memadukan pengaruh Moor, Indo-Saracenic, dan Moghul, menampilkan lengkungan, kubah, dan menara yang indah. Lokasi Masjid Jamek yang tenang dan lingkungan hijau yang rimbun menjadikannya tempat yang damai untuk berdoa dan merenung.

3. Museum Seni Islam Masjid Malaysia

Terletak di dalam bangunan Islamic Arts Museum Malaysia, masjid ini adalah permata tersembunyi di Kuala Lumpur. Dirancang untuk meniru masjid bergaya Terengganu abad ke-17 yang terkenal, masjid ini menampilkan ukiran kayu yang rumit, kaligrafi tradisional Arab, dan jendela kaca patri berwarna-warni. Suasana masjid yang tenang, ditambah dengan kedekatannya dengan koleksi seni Islam museum yang luas, menawarkan pengalaman budaya yang unik.

4. Masjid Wilayah Persekutuan

Bertengger di atas bukit yang menghadap ke kota, Masjid Wilayah Persekutuan menghadirkan pemandangan cakrawala Kuala Lumpur yang menakjubkan. Dikenal dengan arsitektur modernnya, desain masjid memadukan unsur Islam tradisional dengan estetika kontemporer. Tamannya yang indah dan lingkungannya yang tenang menciptakan suasana yang tenang bagi para jamaah dan pengunjung.

5. Masjid Al-Husna

Terletak di jantung kawasan bisnis Kuala Lumpur yang ramai, Masjid Al-Husna adalah landmark terkemuka yang terkenal dengan kubah birunya yang khas dan menara yang menjulang tinggi. Lokasi masjid yang strategis memungkinkannya untuk memenuhi kebutuhan komunitas Muslim setempat dan pengunjung kantor yang mencari tempat untuk sholat subuh. Meskipun dikelilingi oleh gedung pencakar langit, tempat ini menawarkan oasis yang tenang untuk refleksi spiritual di tengah hiruk pikuk kota.

Ini hanya beberapa dari sekian banyak masjid yang bisa ditemukan di Kuala Lumpur. Setiap masjid memiliki makna sejarah, budaya, dan arsitekturnya yang unik, memberikan pengunjung sekilas tentang warisan Islam yang kaya di Malaysia. Apakah Anda seorang Muslim yang taat atau hanya tertarik untuk menjelajahi beragam situs keagamaan, kunjungan ke masjid-masjid di Kuala Lumpur adalah suatu keharusan untuk merasakan esensi spiritual dan keragaman budaya kota kosmopolitan ini.

Jadwal Sholat Kuala Lumpur

Jadwal Sholat Bulanan di Kuala Lumpur

Tanggal Subuh Shuruq Dzuhur Ashar Magrib Isya

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Salat

Jam berapa sholat subuh tiba di Kuala Lumpur hari ini?

Waktu sholat Subuh (sholat subuh) di Kuala Lumpur dilakukan hari ini dari jam 05:41 sampai jam 07:06

Kapan saya bisa sholat Dhuhur di Kuala Lumpur hari ini?

Waktu sholat Dhuhr (sholat tengah hari) di Kuala Lumpur dimulai dari jam 13:15 dan berakhir pada jam 17:40

Jam berapa waktu salat Ashar hari ini di Kuala Lumpur?

Waktu ashar dimulai pukul 17:40 dan keluar pukul 19:24 o'clock

Kapan Adzan memanggil waktu Maghrib di Kuala Lumpur hari ini?

Jadwal sholat Maghrib di Kuala Lumpur hari ini: 19:24 - 20:39

Jam berapa untuk shalat Isya hari ini di Kuala Lumpur?

Adzan adzan Isya akan dilakukan pada pukul 20:39 hari ini
Rawang Klang Pelabuhan Klang Kuala Pilah Shah Alam Tanjung Sepat Seremban Ampang Kampung Tanjung Karang Batang Berjuntai Kampong Dungun Banting Jenjarum Putrajaya Bentong Town Petaling Jaya Ladang Seri Kundang Kampung Baru Subang Subang Jaya Kuang Semenyih Putra Heights Batu Arang Kampung Baharu Nilai Sepang Port Dickson Kuala Selangor Kampong Baharu Balakong Raub Serendah
Situs web ini menggunakan cookie.