Azaneum

Jadwal Sholat di Rabat

Untuk hari ini April
Sholat Selanjutnya Subuh —
KEMENAG Jakarta Pusat, Hanafi

Kami menyediakan informasi waktu shalat untuk Rabat, Maroko MA dan sepanjang bulan . Tabel berikut menunjukkan waktu mulai yang tepat untuk masing-masing dari setiap sholat wajib lima waktu. Secara default, ia dihitung berdasarkan metode KEMENAG Jakarta Pusat, serta periode salat Asar ditentukan menurut Mazhab Syafi'i. Metode perhitungan dapat diubah dalam .

Tentang Namaz dan Waktu Sholat di Rabat

Namaz, juga dikenal sebagai Shalat, adalah sholat Islam yang dilakukan oleh umat Islam sebagai salah satu dari Rukun Islam. Ini adalah tindakan ibadah jasmani dan rohani, yang dimaksudkan untuk membangun hubungan langsung antara penyembah dan Allah (Tuhan). Umat Islam di seluruh dunia menjalankan Shalat sebagai praktik rutin.

Di Rabat, ibu kota Maroko, umat Islam mematuhi waktu sholat tertentu yang ditentukan oleh posisi matahari. Waktu-waktu tersebut dibagi menjadi shalat lima waktu: Subuh (sebelum matahari terbit), Dzuhur (setelah tengah hari), Ashar (siang), Maghrib (setelah matahari terbenam), dan Isya (petang). Waktu yang tepat untuk setiap sholat mungkin sedikit berbeda tergantung pada musim dan lokasi geografis.

Umat Islam di Rabat, seperti di belahan dunia lainnya, berusaha untuk melaksanakan salat pada waktu yang ditentukan. Masjid memainkan peran penting dalam memfasilitasi sholat berjamaah, di mana jamaah berkumpul untuk sholat berjamaah, terutama pada salat Jumat berjamaah yang dikenal dengan Jumu’ah.

Shalat dipandang sebagai cara untuk mencari penghiburan spiritual, merenungkan tindakan seseorang, dan memperkuat ikatan dengan Allah. Ini melibatkan postur fisik tertentu, bacaan dari Al-Qur’an, dan permohonan. Umat Islam menganggap sholat sebagai sarana untuk menyucikan jiwa dan mencari bimbingan dalam kehidupan sehari-hari.

Di Rabat, umat Islam mengikuti adzan setempat (adzan) untuk mengetahui kapan waktunya untuk melaksanakan setiap sholat. Seruan ini biasanya dibuat dari menara masjid dan dapat didengar di seluruh kota. Umat Islam kemudian melanjutkan ke masjid atau mencari tempat yang cocok untuk sholat untuk memenuhi kewajiban agama yang esensial ini.

Tempat berdoa di Rabat

Rabat, ibu kota Maroko, adalah rumah bagi banyak masjid yang mencerminkan kekayaan warisan Islam di wilayah tersebut. Masjid-masjid ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah tetapi juga berdiri sebagai keajaiban arsitektur, menarik baik penduduk lokal maupun turis. Berikut adalah beberapa masjid terkenal di Rabat:

1. Masjid Menara Hassan: Salah satu landmark ikonik Rabat, Masjid Menara Hassan, juga dikenal sebagai Masjid Tour Hassan, adalah masjid yang belum selesai dibangun sejak abad ke-12. Menaranya yang menjulang tinggi merupakan simbol kota dan menawarkan pemandangan panorama yang menakjubkan. Ukiran batu masjid yang rumit dan arsitektur berornamen menjadikannya objek wisata yang wajib dikunjungi.

2. Mausoleum dan Masjid Mohammed V: Terletak bersebelahan dengan Menara Hassan, mausoleum ini adalah tempat peristirahatan terakhir mantan raja Maroko, Mohammed V, dan kedua putranya. Bangunan megah ini menampilkan perpaduan elemen arsitektur tradisional Maroko dan Islam. Masjid yang dibuat dengan indah di dalam kompleks mausoleum adalah tempat yang damai untuk berdoa dan merenung.

3. Masjid Agung Rabat: Juga dikenal sebagai Masjid Kasbah, masjid ini merupakan bagian dari Kasbah Udayas yang bersejarah, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO. Dibangun pada abad ke-12, hotel ini menampilkan desain sederhana namun menawan dengan dinding putih dan menara persegi. Masjid ini merupakan pusat spiritual yang signifikan bagi masyarakat setempat.

4. Masjid Almohad: Terletak di jantung madinah Rabat, Masjid Almohad adalah situs keagamaan kuno yang berasal dari abad ke-12. Meski kini menjadi reruntuhan, masjid ini masih menampilkan sisa-sisa kemegahannya yang dulu, seperti gapura yang rumit dan detail dekoratif. Ini berfungsi sebagai pengingat warisan Islam Rabat yang kaya.

5. Masjid Ahl Fas: Terletak di lingkungan Agdal, Masjid Ahl Fas adalah tempat ibadah yang modern dan semarak. Kubah dan menaranya yang berubin hijau membuatnya mudah dikenali. Masjid ini berfungsi sebagai titik fokus bagi komunitas Muslim setempat, memberikan bimbingan spiritual dan menyelenggarakan berbagai kegiatan keagamaan.

Ini hanyalah beberapa contoh dari sekian banyak masjid di Rabat. Setiap masjid memiliki sejarah unik dan signifikansi arsitekturalnya sendiri, berkontribusi pada tatanan budaya kota. Menjelajahi masjid-masjid ini memungkinkan pengunjung untuk tidak hanya membenamkan diri dalam suasana spiritual tetapi juga mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang warisan Islam Rabat.

Jadwal Sholat Rabat

Jadwal Sholat Bulanan di Rabat

Tanggal Subuh Shuruq Dzuhur Ashar Magrib Isya

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Salat

Jam berapa sholat subuh tiba di Rabat hari ini?

Waktu sholat Subuh (sholat subuh) di Rabat dilakukan hari ini dari jam 04:20 sampai jam 05:58

Kapan saya bisa sholat Dhuhur di Rabat hari ini?

Waktu sholat Dhuhr (sholat tengah hari) di Rabat dimulai dari jam 12:28 dan berakhir pada jam 17:06

Jam berapa waktu salat Ashar hari ini di Rabat?

Waktu ashar dimulai pukul 17:06 dan keluar pukul 18:58 o'clock

Kapan Adzan memanggil waktu Maghrib di Rabat hari ini?

Jadwal sholat Maghrib di Rabat hari ini: 18:58 - 20:25

Jam berapa untuk shalat Isya hari ini di Rabat?

Adzan adzan Isya akan dilakukan pada pukul 20:25 hari ini
Souq Larb’A Al Gharb Oulmes Oued Zem Ouezzane Mechraa Bel Ksiri Ksar El Kebir Khemisset Boujniba Tiflet Sidi Yahia El Gharb Sale Khenifra Temara Larache Kenitra Al Fqih Ben Çalah Asilah Skhirate Settat Sidi Slimane Khouribga Berrechid Bouznika El Hajeb Sidi Qacem Salé Al Jadida Mohammedia Kasba Tadla Casablanca Meknès
Situs web ini menggunakan cookie.